Francisco Guterres

Husi Wikipédia, ensiklopédia livre
Saltar para a navegação Saltar para a pesquisa
Francisco Guterres (2017)
Assinatura.

Francisco Guterres alias Lú-Olo (moris iha 7 fulan Septembru 1954 iha Ossú, Viqueque, Timor Portugues) hanesan Prezidente Repúblika Timór Lorosa'e iha oras ne'e. Nia hanesan eis gerilleiru ida, Prezidente Fretilin (1998 - 1999 no 2006 - 2017) no sai ona hanesan Presidente Parlamento Nacional Timór Lorosa'e (2002 - 2007) no.

Iha 21 Desembru 2006, nia sai moos kandidatu eleisaun Presidente Timór Lorosa'e 2007. Nia kandidatu husi partidu historiku FRETILIN. Nia halo deklasaun depois nia manan iha partidu. Niaa iha ambisiozu atu rezolve problema iha korpu forsa nian no promete atu halo relasaun ho instituisaun hotu. Lú-Olo hanesan moos ho Xavier do Amaral iha ne'ebe Xavier sai hanesan presidente dahuluk Timór Lorosa'e nian no sai prklamador independensia Nasaun Timór Lorosa'e, entertantu Lú-Olo hanesan restaurador husi independensia total husi nasaun Republika Demokratika Timór Lorosa'e nian.

Moris[edita]

Francisco "Lú-Olo" Guterres moris iha 7 Septembru 1954 iha Ossu, Viqueque. nia hanesan oan husi Felix Guterres no Elda da Costa Guterres nia oan na'in ne'en husi maun alin na'in ualu. Akaba tiha ensinu baziku husi Sta Terezinha College Ossu, iha 1969, Lú-Olo halo transferensia mai Dili di mana dia menghadiri sekolah menengah. Pada tahun 1973, ia kembali ke Universitas St Terezinha sebagai guru sekolah.

Lú-Olo adalah Presiden Parlemento Nasional Timór Lorosa'e dan Presiden Fretilin dan saat ini sedang menyelesaikan gelar sarjana hukum di Universitas Dili. Dia adalah politikus karismatik dan dihormati dan mantan pejuang perlawanan yang menghabiskan seluruh 24 tahun pendudukan di pegunungan. Pada saat orang Indonesia meninggalkan Timór Lorosa'e pada tahun 1999, Lú-Olo adalah pemimpin paling senior Fretilin di dalam negeri.

Latar belakang politik dan militer[edita]

Lú-Olo bergabung ASDT (Asosiasi Sosial Demokratik Timor), yang kemudian menjadi Fretilin, pada tahun 1974 ketika Indonesia menginvasi Timór Lorosa'e, Lú-Olo mundur ke pegunungan dan bergabung dengan pleton tentara yang beroperasi di daerah pegunungan Ossu di bawah perintah dari Lino Olokassa. Dia menghabiskan seluruh pendudukan Indonesia (1975-1999) di pegunungan sebagai pejuang perlawanan dan aktivis politik, selamat kampanye pemusnahan dan pengepungan dari akhir 1970-an di mana banyak rekan-rekannya Fretilin diburu dan dibunuh, termasuk mentornya Vicente "Sahe" Reis.

Selama waktunya di pegunungan, Lu-Olo berkembang melalui jajaran Fretilin. Pada periode 1975-1987, ia menduduki posisi sebagai berikut dalam Fretilin:

  • Wakil Sekretaris dan sekretaris untuk wilayah pantai timur Matebian (1976)
  • Seorang komisaris politik untuk Sektor Ponta Leste (atau sektor titik timur) (1978)
  • Ditunjuk wakil sekretaris untuk "zona 15 de Agosto" (1978)
  • Wakil dicalonkan dari wilayah timur tengah sebagai bagian dari komando gerilya Perusahaan 3 (1982)
  • Komisaris politik (1984)

Pada tahun 1987, perlawanan direstrukturisasi ketika Komite Sentral Fretilin membentuk Dewan Nasional Perlawanan Maubere (CNRM), sebuah organisasi payung yang dirancang untuk mencakup semua partai politik Timor yang menuntut kemerdekaan bagi Timór Lorosa'e. Komite Sentral juga memutuskan bahwa FALINTIL harus menjadi tentara untuk semua orang Timór Lorosa'e, bukan menjadi sayap bersenjata Fretilin. Xanana Gusmao adalah meninggalkan Fretilin untuk menjadi pemimpin CNRM dan perintah politik Fretilin diserahkan kepada Komisi Directive Fretilin (CDF). Sekretaris CDF adalah Mau-Huno dan wakil sekretarisnya yang Lu-Olo, Mau Hodu, dan Konis Santana.

Pada periode 1991-1993 Mau-Hodu, Xanana Gusmão dan Mau-Huno ditangkap oleh militer Indonesia. Pada tahun 1993, Nino Konis Santana diangkat sebagai sekretaris CDF dan digantikan Gusmão dalam perannya sebagai pemimpin CNRM. Pada tahun 1997, Konis Santana meninggal karena penyakit dan Lu-Olo diangkat sekretaris CDF, sehingga menjadi pemimpin paling senior Fretilin di Timór Lorosa'e.

Pada tahun 1998, seorang yang luar biasa Fretilin Konferensi Nasional berlangsung di Sydney Australia-untuk reorganisasi kepemimpinan Fretilin. Pada Konferensi Sydney, CDF adalah dihapuskan dan memberi jalan kepada Dewan Presiden Fretilin. Lu-Olo dinominasikan sebagai General Koordinator, dengan Mari Alkatiri sebagai 1st Deputi Front Diplomatik dan Mau-Huno sebagai 2nd Deputi Front Klandestin.

Pada tahun 1998, CNRM digantikan oleh Dewan Nasional Perlawanan Timor (CNRT) dan Lu-Olo mencapai posisi sebagai berikut dalam baru dibuat CNRT:

  • Anggota Dewan Politik Nasional
  • Sekretaris Urusan Politik
  • Anggota Dewan Politik-Militer

Dia adalah untuk melanjutkan perannya sebagai General Koordinator Dewan Presiden Fretilin. Setelah referendum kemerdekaan 1999, Lu-Olo akhirnya bertemu Mari Alkatiri, anggota paling senior Fretilin pada front diplomatik dan pendiri partai. Lu'Olo dan Alkatiri setuju bahwa langkah-langkah lebih lanjut diperlukan untuk membenahi Fretilin.

Pada Juli 2001, Fretilin mengadakan Kongres Nasional dan Lu-Olo terpilih Presiden 1 nya Fretilin dengan Alkatiri terpilih sebagai Sekretaris Jenderal. Setelah kemenangan besar Fretilin dalam pemilihan umum 2001, Lu-Olo menjadi anggota Majelis Konstitusi Timór Lorosa'e dan kemudian terpilih sebagai Presiden Majelis Konstitusi. Pada tanggal 20 Mei 2002, setelah restorasi kemerdekaan Timór Lorosa'e, Majelis Konstitusi menjadi Parlemen Nasional dan Lu-Olo menjadi anggota dan Presiden Parlemen Nasional Timór Lorosa'e. Pada bulan Mei 2006 Fretilin menyelenggarakan Kongres Nasional ke-2 dan Lu-Olo dan Alkatiri yang masing-masing terpilih kembali sebagai partai Presiden dan Sekretaris Jenderal.